Ibadah Haji

PERBEDAAN HAJI TAMATTU, IFRAD DAN QIRAN PADA IBADAH HAJI

(Info Ibadah haji Plus Aida Tourindo Wisata↵)

HAJI TAMATTU-

yaitu melaksanakan ibadah Haji dengan mendahulukan Umroh. Pelaksanaannya ialah pada waktu menuju kota Mekkah, dan sebelum sampai di Mekkah ketika tiba di Miqat, kita memakai ihram untuk Umroh (niatnya niat Umroh), kemudian pada waktu tiba di Mekkah istirahat sebentar di pemondokan kemudian kita melaksanakan Ibadah Umroh di Masjidil Haram yaitu thawaf, sa’i dan tahallul. Setelah selesai melaksanakan Umroh yaitu thawaf, sai dan tahallul, jamaah diperbolehkan melepas pakaian ihram dan menggantinya dengan pakaian biasa.Kemudian pada tanggal 8 atau 9 dzulhijjah kita kembali ber-Ihram dengan berniat untuk melaksanakan ibadah haji (dengan niat haji) dilakukan di pemondokan di Mekkah tidak perlu kembali ke Miqat.Jamaah yang melaksanakan Haji Tamattu diwajibkan membayar Dam (menyembelih seekor kambing). Bagi jamaah haji yang tidak mampu dapat menggantinya dengan berpuasa selama sepuluh hari yaitu 3 hari di tanah suci dan 7 hari ketika berada di tanah air.

Haji IfraD -

yaitu melaksanakan ibadah haji dengan melaksanakan haji dahulu baru kemudian melaksanakan umroh. Pelaksanaannya adalah pada waktu menuju kota Mekkah sebelum sampai di Mekkah ketika tiba di Miqat, kita me makai ihram untuk berhaji (niatnya niat haji).Kemudian setelah tiba di pemondokan kita tetap memakai ihram tetapi disunatkan melaksanakan thawaf qudum (thawaf selamat datang) boleh juga diikuti sa’i, jika melaksanakan sa’i, maka pada waktu thawaf ifadah tidak melaksanakan sa’i lagi, hal ini dilaksanakan sebelum haji tanggal 8 Dzulhijjah.Setelah melaksanakan sunat thawaf qudum (thawaf dan sa’i) tidak dilanjutkan dengan tahallul, jadi masih dalam keadaan berihram sampai dengan waktu pelaksanaan haji, jadi pada tanggal 8 atau 9 Dzulhijjah tidak perlu berniat haji lagi.Kemudian setelah selesai pelaksanaan haji bagi yang mengambil Haji Ifrad diwajibkan melaksanakan umroh yang waktunya kapan saja boleh dilakukan selama masih dalam musim haji sebelum meninggalkan kota Mekkah.

Haji Qiran

yaitu melaksanakan ibadah haji dan umroh dengan dilakukan secara bersamaan. Bagi jamaah yang memilih untuk melaksanakan haji dengan cara seperti ini dikenakan dam.

Jamaah haji Indonesia biasanya menggunakan cara ibadah haji tamattu,namun hal tersebut tergantung dari kloter keberangkatan jamaah haji itu sendiri. Semoga dengan penjelasan ini anda tidak dibingungkan lagi dengan perbedaan antara ketiganya. Kunjungi website resmi PT.Aida Tourindo Wisata untuk informasi lebih lanjut mengenai Haji Khusus dan Umroh Murah.

ibadah haji

ibadah haji

In a moment. Later. Last. Until. Till. Since. Then. Before. Hence. Since.